Tugas Floor Supervisor Terhadap Room Attendant



 Tugas Floor Supervisor Terhadap Room Attendant

Housekeeping Department merupakan bagian yang bertugas dan bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapian, keindahan dan kenyamanan diseluruh area hotel, baik diluar gedung maupun didalam gedung hotel. Housekeeping Department mempunyai atasan yang membawahi petugas pramu kamar yaitu Floor Supervisor, yakni yang bertugas untuk melaksanakan pengawasan dan pengecekan tentang kebersihan, kelengkapan kamar-kamar, koridor serta keindahan dan kerapihan hotel. Oleh sebab itu pengawasan sangat dibutuhkan Floor Supervisordalam menjalankan tugas tersebut. SeorangFloorSupervisor harus mampu dalam melaksanakan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan mengontrol seluruh kegiatan yang dijalankan di Housekeeping Department.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia urai adalah bercerai-berai, tidak padat lagi dan tugas adalah yang wajib dikerjakan atau yang ditentukan untuk dilakukan; dan beban pekerjaan yang menjadi tanggung jawab seseorang.

Dari kedua pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa urai tugas itu adalah sesuatu indikator penting mengenai tanggung jawab dari pekerjaan tertentu yang harus dilaksanakan .

Istilah Supervisor berasal dari bahasa inggris yang terdiri dari dua suku kata yaitu super dan vision yang artinya dalam bahasa indonesia adalah dengan memperhatikan, mengamati, dan mengarahkan sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia bahwa supervisor adalah pengawasan utama dan pengontrolan tertinggi.

Kepemimpinan merupakan aspek penting dari pekerjaan Supervisor. Para supervisor bertanggung jawab atas kualitas kinerja para karyawanyang dipimpinnya,Supervisor tidak dapat bekerja sendiri untuk menghasilkan hasil kerja yang maksimal tanpa bekerja sama dengan atasannya maupun bawahannya. Suatu upaya yang perlu dilakukan untuk mencapai hasil kerja yang memuaskan adalah melakukan pengawasan langsung terhadap operasional kerja. 

Supervisor adalah seseorang yang baik yang diasumsikan dan mampu bertanggungjawab dan mendelegasikan tugasnya dengan baik. Yang dimaksud dengan mendelegasikan adalah seseorang Supervisor harus mampu melaksanakan tugasnya sendiri. Seorang Supervisor harus dapat memahami berbagai sarana, kebijakan prosedur strategis dan mengkomunikasikan kepada bawahannya, juga memastikan bahwa target-target kualitas, waktu dan anggaran bisa dicapai.

Menurut Donald Ladew (2010:20) bahwa Supervisor adalah anggota tim manajemen yang menguasai pekerjaan orang lain serta menjadi perantara antara manajemen dengan karyawan.

Menurut G.R Terry (2013:103) mengatakan bahwa Supervisor adalah kegiatan pengurusan dalam tingkatan organisasi dimana anggota manajemen dan bukan anggota manajemen saling berhubungan secara lagsung.

Menurut Bartono dan Ruffino (2010:2013) mengatakan bahwa Supervisor adalah sebagai seorang manager pada tingkat bawah organisasi, yg harus mengawasi pegawai junior atau yang lainnya, yang mereka ini tak punya kewajiban untuk mengawasi.

Dari ketiga pendapat diatas dapat diartikan bahwa pengertian Supervisor adalah orang yang diberi tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengawasan setiap harinya secara langsung dilapangan untuk mengawasi kerja para bawahannya apakah sudah sesuai dengan Standard Operational Procedure.

Pada Housekeeping Department orang yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengawasi kelancaran kerja personil housekeeping yaitu Floor Supervisor. Adapun uraian tugas yang harus dilakukan oleh Floor Supervisor di Housekeeping Department yang akan dibahas pada halaman berikutnya.

Seorang Floor Supervisor mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sagat penting dalam suatu hotel. Seorang Floor Supervisor harus mampu menciptakan hubungan yang baik antar manajemen dengan karyawan. Dalam usaha perhotelan seorang Floor Supervisor mempunyai tugas untuk melaksanakan maupun mengadakan pengawasan langsung atas pelaksanaan tugas atau operasional suatu departemen. Khususnya dalam Housekeeping Department seorang Floor Supervisor sangat dibutuhkan ketika Room Attendant melakukan operasional. Menurut Wisnu Bataafi (2006:95) menyatakan bahwa setiap shift awal Floor Supervisor harus mempersiapkan tugas-tugas untuk Room Attendant dan memberikan tugas tersebut sebelum melakukan operasional. 

Adapun uraian tugas seorang Floor Supervisor pada HousekeepingDepartment menurut beberapa ahli yaitu :

Menurut Bartono & Ruffino (2010:40) penjabaran dari tugas Floor Supervisor adalah sebagai berikut 

Sejak jaman dulu tugas pengawasan terhadap anak buah sudah sangat dikenal sebagai tugas Floor upervisor. Bahkan fokus pada pengawasan ini membuat tugas yang lain menjadi kabur. Orang awam bahkan menyimpulkan bahwa salah satunya tugas Floor Supervisor hanyalah mondar-mandir mengawasi anak buahnya, dengan sesekali membentak, menunjuk-nunjuk, mengomel, menepuk-nepuk bahu dan kemudian duduk santai di sudut. Tujuan pengawasan adalah agar target pekerjaan tercapai, yang dilakukan dengan mengawasi segala sumber daya yang dipakai, agar baik sumber daya maupun faktor produksi digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai target. Dengan kata lain, tugas Floor Supervisor adalah menjaga ketidak efisienan tenaga, modal, material, alat, energi, dan menjaga konsekuensi kerja serta mengawasi keseimbangan lingkungan. Dampak keberhasilan pengawasan adalah tercapainya tingkat produktivitas pegawai, meningkatnya kualitas produksi dan nilai pelayanan, naiknya kepuasan pelanggan, semakin banyaknya transaksi penjualan, dan meningkatnya perolehan laba perusahaan.

Menurut Bartono dan Ruffino (2010:37) seorang Floor Supervisormempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

1.Pelaksaanaan 

Menetapkan tujuan, memutuskan cara penyampaian tujuan, menetapkan arah tindakan serta menetapkan kebijakan dan prosedur.

2. Pengorganisasian 

Menetapkan pembagian kerja, penugasan kerja,pengelompokan pekerjaan, untuk koordinasi, serta menetapkan wewenang dan tanggungjawab.

3. Pengarahan 

Memberikan masukan yang jelas tentang tujuan kerja, target kerja, cara kerja yang dipakai dan semua hal yang terkait dengan pekerjaan itu.

4. Pengawasan.

Mencegah ketidak efisienan tenaga, modal, alat, energi, dan menjaga konsekuensi kerja serta mengawasi keseimbangan lingkungan. 

Setelah Floor Supervisor menerapkan hal-hal yang telah disebutkan diatas adapun uraian tugas yang dilakukan setiap harinya yang dikemukan oleh Richard komar (2014:25), mengatakan bahwa:

Floor Supervisor itu memiliki tanggung jawab yaitu melaksanakan pengawasan dan pengecekan tentang kebersihan perlengkapan kamar-kamar, koridor, station/linen room yang tidak semestinya. Tanggung jawab daripada Floor Supervisor adalah melaksanakan pengawasan dan pengecekan tentang kebersihan, kelengkapan kamar-kamar dan koridor, station/linen room yang tidak semestinya. 

Adapun uraian tugas Floor Supervisor adalah sebagai berikut:

1. Membuka linen room/station untuk mengecek segala sesuatu kebutuhannya.

2. Membagi room keys dan peralatannya kepada masing-masing Room Attendant.

3. Memimpin /melatih pekerjaan Room Attendant 

4. Menerima room report dari Room Attendant dan meneliti kebenarannya, kemudian membagikannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing petugasnya.

5. Membuat laporan-laporan mengenai kamar kepada Assistant Executive Housekeeper/Executive Housekeeper.

6. Melaporkan langsung mengenai kehilangan kerusakan-kerusakan dan kejadianlain-lain ke Housekeeping Office.

7. Memeriksa dan meneliti hasil perbaikan-perbaikan yang dilakukan oleh Engineering di kamar-kamar.

8. Memeriksa dan meneliti hasil kerja akhir Room Attendant dan general cleaning.

9. Memberikan perhatian khusus untuk kamar-kamar VIP dan complimentary untuk tamu tamu-tamu tersebut.

10. Menerima persediaan linen / handuk dan membagikan kepada Room Attendant.

11. Memeriksa dan menghitung linen serta handuk yang akan dikirim ke laundry bersama dengan linen attendant.

12. Memeriksa hasil kerja Room Attendant setiap hari, menerima kunci dari Room Attendant dan memeriksa trolley berikut stationnya.

13. Membuat laporan mengenai pekerjaan yang dilakukan hari itu dan menulisnya di logbook.

14. Menyerahkan roomkeys dari Room Attendant section kepada shift berikutnya.

15. Membina kerja sama yang baik di Housekeeping Department dan department lainnya.

16. Membuat jadwal untuk Room Attendant.

17. Mendidik / melatih pegawai baru apabila ada.

18. Membuat laporan penilaian / konditeRoom Attendant.

19. Melaksanaan semua perintah atasan.



Dari pendapat diatas ada yang sependapat dengan tugas dan tanggung jawab tersebut yaitu Menurut Winardi (2013:103) mengatakan bahwa tugas dan tanggung jawab Floor Supervisor untuk menemukan kesalahan dan perbaikinya, serta memberikan petunjuk- petunjuk untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan memberi nasehat terhadap pegawai yang mengalami kesulitan. 

Dari uraian diatas didiartikan bahwa Floor Supervisor mempunyai tugas dan tanggung jawab yang strategis karena tanggung jawab di lapangan melaksanakan semua rencana dari manager dan mengkoordinasi kerja para karyawan.



Menurut Damos (2013:103) menyatakan bahwa uraian tugas seorang Floor Supervisor pada HousekeepingDepartment adalah sebagai berikut :

1. Bertanggung jawab atas kebersihan, kerapian dan perlengkapan serta semua peralatan dapat berfungsi dengan baik di guestroom setelah dibersihkan oleh Room Attendant. Maka Floor Supervisor harus mengerti dan memahami betul serta memastikan guest room sudah sesuai dengan standar dan prosedur yang ditetapkan perusahaan.

2. Memeriksa daftar dan memastikan kehadiran Room Attendant

3. Melakukan handing over dengan Room Attendant danFloor Supervisor, pada saat akan bekerja dan saat selesai tugas :

a. Handing over antar shift

b. Serah terima dan pengembalian room key

c. Serah terima pekerjaan secara berkelanjutan 

4. Memberikan tugas dan mengarahkan Room Attendant tentang pekerjaan pada saat briefing, mengawasi dan memastikan pelaksanaannya sudah baik: 

5. Memeriksa laporan tertulis Room Attendant tentang penyelesaian tugas hari ini.

6. Menjelaskan, membimbing dan membantu Room Attendant tentang proses kerja yang sistematis efectif dan efisien.

7. Memeriksa dan memastikan kondisi kebersihan, kerapian, keindahan dan kelengkapan fasilitas kamar dan peralatan berfungsi dengan baik sesuai dengan standar dan prosedur kemudian melaporkan status kamar pada Front Office. Jika perlu: berikan intruksi pada Room Attendant untuk menyempurnakan kebersihan dan perlengkapan yang kurang, jika fasilitas peralatan rusak laporkan pada departemen yang terkait untuk perbaikan.

8. Memeriksa kondisi kamar yang akan digunakan hari ini berdasarkan expected arrival dari frony office.

9. Memeriksa kebersihan,kerapihan dan perlengkapan serta fungsi peralatan di Floor section,pantry seperti : Trolley, linen, amenities, cleaning suplies, cleaning agent dan cleaning aquipment.

10. Mengawasi dan memastikan berjalannya prosedur keselamatan, keamanan kerja seperti : memakai masker, sarung tangan, penempatan peralatan dan perlengkapan pada pada trolley. Penempatan trolley depan kamar. Mengawasi dan memastikan higienis dan sanitasi kerja untuk kepentingan tamu, rekan kerja serta diri sendiri.

11. Menjalankan tugas yang dibeikan oleh Executive Housekeeper.

12. Mencatat dan menyimpulkan baik dan buruknya proses kerja dan kinerja untuk evaluasi pada masa akan datang. 

Selain uraian tugas tersebut seorang Floor Supervisor mempunyai rutinitas kerja setiap harinya yaitu :

1. Melakukan briefing awal shift

a. Mempersiapkan crew

b. Membagi kerja 

c. Evaluasi kinerja

d. Intruksi kerja

e. Follow up laporan shift sebelumnya

2. Controllingarea kerja dan kamar-kamar. 

a. selama shift berlangsung

b. Check kebersihan dan kerapihan floor station 

c. Reporting hasil kontrol

d. Buat intruksi kerja atau spesial order ( pelaksanaan program General cleaning ).

e. Lakukan kontrol pelaksaan intruksi kerja

f. Check hasil intruksi kerja

g. Siapkan spesial order ( pelaksanaan program General cleaning )

1. Melakukan checking kamar

a. Checking kamar expecting arrival list

b. Checking kamar kamar VD ( Vacant dirty ) yang sudah dibersihkan oleh Room Attendant

c. Checking kamar occupied jika diperlukan

d. Buat intruksi kerja untuk Room Attendant.

2. Dokumentasikan processing kerja pada shift hari ini yang sudah berlangsung

a. Reporting aktifitas pekerjaan dalam mencapai target

b. Reporting aktifitas personil ( sikap, disiplin dan kinerja )

3. Handling Complaint

4. Membina SDM yang berkualitas bersama Housekeeper. 

a. Knowledge pekerjaan

b. Skill pekerja

c. Attitude pekerja

d. Membuat program kerja

f. Daily progress

g. Weekly progress

h. Monthly progress.

Dari beberapa diatas ada beberapa pendapat yang dikemukakan oleh wulanlaundry (2012) menyatakan pendapat bahwa :

Untuk posisi Floor Supervisor pada umumnya tugas dan kewajibannya yaitu sama dengan yang memikul tanggung jawab di public area, floor, Linen, dan florist,melaksanakan seluruh kegiatan operasional, membuat administrasi yang baik dan benar, melakukan pengawasan dan pengecekan tentang kebersihan, penataan, kelengkapan semua section baik floor, public area,sampai dengan station atau linen room Floor supervisor. tugas dan kewajibannya adalah:

1. Menerima Laporan dari Front Desk informasi tamu kamar lainnya yang di distribusikan keRoom Attendant. 
Melakukan double check untuk kamar-kamar yang telah dibersihkan dan akan siap jual. 
Mencatat dan melaporkan mengenai Missing Article,damages serta hasil perbaikannya. 
Memberikan pengarahan tentang prosedur kerja dan instruksi kepada Room Attendant. 
Mengawasi operasional dan administrasi serta double check untuk setiap purchase request untuk setiap Material Requisition. 
Bertanggungjawab atas persediaan Cleaning Supplies, Guest Supplies dan semua storage. 
Menerima laporan kerusakan dan membuat work order. 
Menangani Lost and Found. 
Membuat log inventory linen, guest supplies, cleaning supplies. 
Membuat laporan tentang lost, damage report. 
Membuat time schedule . 
Leading set-up dan clear-up furniture insituasional function . 
Mengatur schedule annual leave karyawan. 
Memberikan perhatian khusus untuk kamar-kamar VIP dan complimentary. 
Bila terjadi hal yang tidak semestinya, dan bukan merupakan kewenangannya maka diharuskan report keAssistant Executive Housekeeper atauExecutive Housekeeper. 

Selain tugas – tugas diatas tersebut, seorang Floor Supervisor diwajibkan membina kekompakan kerja yang harmonis dan menjalin kerjasama yang baik dengan departemen lainnya, melakukan penilaian penampilan kerja karyawan, menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat, melaksanakan semua perintah atasan,menyelenggarakan briefing dan meeting internal karyawan.

Menurut Agusnawar (2010:162) , menyatakan bahwa :

Tugas pokok Floor Supervisor adalah mengawasi dan mengontrol pekerjaan para Room Attendant sehingga dapat berjalan sebagaimana ditentukan dalam dalam petunjuk pelaksanaan tugas atau standardOperatingProcedure yang berlaku di HousekeepingDepartement, khususnya untuk pekerjaan yang berhubungan dengan pembersihan kamar tamu. Adapun rincian tugas Floor Supervisor adalah sebagai berikut:

1. Mengadakan briefing dengan para Room Attendant mengenai hal-hal yang menyangkut keadaan tamu, misalnya tentang tamu VIP, ON, tentang prioritas make up room dan pembagian tugas Room Attendant.

2. Menerima tugas dari Assistant Housekeeper atauChief Floor.

3. Membagikan pas keys atau room keys dan peralatan kepada masing-masing Room Attendant.

4. Membagikan cleaning material kepada Room Attendant sesuai dengan jumlah occupancy.

5. Membuat room report sebagai sumber pembuatan housekeeping report.

6. Melaporkan kehilangan atau kerusakan-kerusakan dalam kamar tamu ke housekeeping office agar segera dibuatkan work order (WO) oleh officeclerk kepadaEngineeringDepartment untuk diperbaiki.

7. Mengecek dan meneliti hasil kerja para Room Attendant di dalam membersihkan kamar tamu.

8. Mengecek dan meneliti hasil kerja atau perbaikan yang dilakukan oleh Engineering Department.

9. Membuat laporan atas pekerjaan yang dilakukannya pada hari itu dan menulisnya di dalam log book.

10. Menerima kunci kamar atau pass key dariRoom Attendant dan memeriksa RoomAttendant trolley chart di setiap pergantin shift.

11. Mengawasi pelaksanaan tugas-tugas bawahan sambil membimbing, mengarahkan, melatih dan memotivasi.

12. Melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait (seluruh seksi yang ada di housekeeping department maupun lain seksi departemen lain.

13. Membantu bawahan untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah yang terjadi.

14. Menerima dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan atasan.

15. Selalu tampil rapi, bersikap ramah, sopan dan selalu siap membantu bawahan maupun tamu.

Menurut Richard komar (2000:168) bahwa Floor Supervisor memiliki tugas tanggung jawab yang sangat penting dalam suatu hotel. Pelaksanaan kerja yang dilakukan olehFloor Supervisor adalah sebagai berikut :

1. Menciptakan hubungan yang baik antar manajemen dengan karyawan.

2. Dalam usaha Floor Supervisor mempunyai tugas untuk melaksanakan maupun pengawasan langsung atas pelaksanaan tugas atau operasional suatu departemen.

3. Menjalankan tugas secara standar dengan pembagian tugas harus dilakukan secara efisien dengan mempertimbangkan load faktor atau jumlah pelaksanaan tugas dan melaksanakan turn down service. 

SeorangFloor Supervisor harus bertanggungjawab dan mempertanggungjawabkan pekerjaannya, yang dalam arti bahwa Floor Supervisor ditugaskan untuk mengelola , menilai dan mengevaluasi kerja RoomAttendant, penggunaan material, financial dan melakukan tindakan perbaikan apabila diperlukan.

Adapun uraian tugas Floor Supervisor menurut Sihite Richard (2000:57) adalah sebagai berikut :

1. Melaporkan kebutuhan cleaning supplies, linen supplies, guestsupplies untuk kegiatan kamar – kamar.

2. Menyusun daily / monthly of summary Roomboy/Room maid control report untuk disampaikan kepada Floor captain sebagai alasannya.

3. Memeriksa kelengkapan dan kerapian room chart.

4. Memeriksa kebersihan serta penataan guest room dan juga kelengkapannya.

5. Meneliti status kamar dan pengisian Room Attendantreport tentang occupancy dan keadaan atau kondisi kamar.

6. Mengisi room report di floornya dan dikirimkan ke Housekeeping Office untuk pengisian housekeeping report oleh sekretaris.

7. Memberikan bimbingan kepada Room Attendant dalam dalam hal teknik dan tata cara pemeliharaan kamar, perawatan, penataan, serta pelayanan kepada tamu.

8. Meneliti dan melakukan pencatatan tentang kerusakan atau kehilangan inventaris kamar serta melaporkan kebutuhan repair dan maintenance.

9. Meneliti dan melaporkan masalah lost and found.

10. Memeriksa kesiapan kamar tamu to days expected arrival.

11. Menangani dan mengatasi kebutuhan tamu serta melaporkan kepada FloorCaptain masalah yang tidak bisa diatasi.

12. Menjalani dan membina hubungan baik dengan para tamu – tamu penghuni kamar.

13. Membina dan menciptakan suasana kerja yang sehat.

14. Menghadiri briefing Floor Captain dan briefing denganExecutive Housekeeper.

15. Mengadakan pengawasan inventory, linen, guest supplies dan cleaningsupplies di tiap – tiap floor.

16. Mengawasi langsung dan bertanggung jawab atas bahan yang dipakai atau digunakan.

17. Bertanggung jawab atas status kamar vacant setelah di make up room oleh Room Attendant.

18. Mengawasi dengan teliti pelaksanaan general cleaning.

Dari beberapa uraian tugas-tugas Floor Supervisor diatas dapat diartikan bahwa Floor Supervisor mempunyai tugas dan tanggungjawab yang strategis dan harus mampu mempertanggungjawabkannya agar hotel ataupun departemen yang dipimpim dapat berjalan lancar. Dengan adanya tugas dan tanggung jawab yang dibebani kepadaFloor Supervisor, maka seorangFloor Supervisor harus mampu mencapai beberapa keuntungan yang seharusnya ada.

Menurut Diktat Dharma Agung (2003:37) keuntungan-keuntungan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Pengawasan dapat dilakukan dengan cara lebih mudah dan praktis.

2. Memberikan kesempatan yang lebih kuat bagi pimpinan untuk melakukan fungsi-fungsi lainnya atau melaksanakan tugas lainnya.

3. Dapat membantu terciptanya kepemimpinan yang efektif.

4. Menuntun jenjang bawahan pemecahan sendiri masalah yang sebenarnya masih dalam batas tanggungjawabnya.

Dengan demikian uraian tugas tersebut tidak akan menjadi beban bagi seorangFloor Supervisor.



Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi