Kumpulan Contoh Surat Lamaran Yang Baik dan Benar

Sebelum kita mengetahui berbagai jenis contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar kita lebih dulu akan mengulas tentang apa itu pengertian dari pada saurat seperti apa yang kita dapatkan dari wikipedia.org yang memberikan pengertian Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja. Pada umumnya, dibutuhkan perangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin besar juga.

Untuk penulisan surat lamaran yang baik dan benar kita boleh melihat berbagai kriteria seperti yang tertera di bawah ini yaitu : 

1. Gunakan bahasa yang baik dan benar.
pergunakan bahasa yang formal karena surat lamaran kerja termasuk surat resmi jangan menggunakan bahasa yang tidak patut dalam pembuatan surat resmi.

2. Tulislah kalimat yang singkat padat dan jelas.
jangan bertele-tele dalam menulis surat lamaran karena surat lamaran bisa menampilkan jati diri seseorang serta sebuah instansi atau perusahaan tidak menyukai surat lamaran yang bertele-tele.

3. Tulislah secara manual menggunakan tangan.
penulisan surat lamaran kerja secara manual lebih disukai perusahaan karena melalui tulisan tangan bisa dinilai bagaimana pribadi seseorang.

4. Perhatikan kebersihan surat lamaran kerja.
jangan sampai ada coretan atau bekas penghapus dalam surat lamaran kerja, jika salah menulis lebih baik tulis ulang di kertas baru, jangan menggunakan stipo untuk menghapus.

5. Isi secara jelas data diri dan informasi yang informasi tentang diri anda, serta lampirkan dokumen-dokumen pendukung seperti daftar riwayat hidup, fotocopy identitas diri serta dokumen-dokumen lain yang menjadi persyaratan.

6. Jika anda mempunyai sertifikat pendukung yang bisa menambah nilai plus untuk diri anda jangan ragu untuk melampirkannya.
Bagian-bagian dalam surat lamaran kerja
1.Tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran.
2. Hal atau perihal.
3. Lampiran berkas.
4. Alamat yang di tuju.
5. Salam pembuka.
6. Isi surat yang bisa di bagi menjadi empat bagian yaitu ; paragraf pembuka, isi surat, daftar lampiran dan paragraf penutup.
7. Salam penutup.
8. Nama terang pelamar dan tanda tangan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar
Medan, 10 September 2015

Hal : Lamaran Kerja
Kepada Yth:
Bapak/Ibu Pimpinan
RADIO MOST FM
Jl. Hoki Medan

Dengan hormat
Setelah saya membaca sebuah informasi dari surat kabar HARIAN WASPADA MEDAN yang isinya menyatakan bahwa perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin membutuhkan seorang karyawan untuk pososi sebagai STAF HUMAS , maka dengan ini saya :
Nama             :DERMON SIAHAAN
Tempat/Tgl Lahir :Pagarbatu, 26 November 1985
Alamat           :Jl. Rela Medan
Agama            :Kristen Protestan
Pendidikan       :Sarjana
No. Hp           :0822 72399263
Dengan ini saya datang kehadapan Bapak/Ibu Pimpinan agar sudi kiranya menerima saya sebagai karyawan pada perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin.Sebagai bahan pertimbangan Bagi Bapak/Ibu pimpinan bersama ini saya lampirkan pula :
1. Surat lamaran kerja
2. Daftar Riwayat Hidup
3. Photo Copy Izajah Terakhir
4. Transkrip Nilai
5. Pas Photo Ukuran 3X4 
6. Sertifikat Editor 
Demikianlah surat lamaran ini saya perbuat, saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya 


Dermon Siahaan

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi